top of page
Search
  • Writer's pictureNatali Maura

Manage Uang Bulanan Bagi Anak Kos!

Updated: Jan 29, 2020

Hei! Welcome Gen Z!

Jadi, ini adalah posting-an pertama gue di website ini. Dan, gue kepikiran untuk share sama kalian tentang gimana gue manage uang bulanan. Ya sebenernya sih baru gue terapin satu bulan ini, karena selama satu tahun kemarin gue kuliah (iya ini lagi baru menjalani tahun kedua), gue sangat boros, gabisa membagi uang dengan baik, bisa dibilang tiap bulan selalu minta uang tambahan sama orangtua yang nominalnya jadi membludak :)

DENGAN SEGALA SUSAH PAYAH, GUE BERHASIL MENERAPKAN INI!


Ini emang bikin nambah kerjaan banget sih emang, gue akuin. Harus catet tiap hari gitu kalo gue, tiap malem sebelum tidur. Harus simpen bill tiap belanja. Bahkan, gue selalu catet di notes handphone tiap gue abis pake duit gue buat apa aja. Tapi, gue belajar banget buat stop jadi boros, melatih diri gue sendiri buat kontrol nafsu belanja, dan belajar manage kehidupan sendiri juga!


Kalo lo gak mau mulai untuk berubah, gak usah marah kenapa lo gitu-gitu aja!

So, let's go!


Pertama, lo harus buat klasifikasi dari uang bulanan lo! Kalo gue sih mengklasifikasikannya buat uang mingguan, buat belanja bulanan/keperluan bulanan, buat jalan-jalan, buat di tabung, dan buat biaya tak terduga (kalo perlu). Terserah lo mau megklasifikasikannya jadi gimana, itu kebutuhan masing-masing orang kok.


Kedua, lo harus buat rincian dari klasifikasi yang udah lo buat! Ibaratnya kaya penjelasannya gitu deh. Misalkan untuk mingguan itu buat makan harian dan ongkos ke kampus. Atau kalo buat belanja bulanan/keperluan bulanan itu laundry, stock makanan, keperluan pribadi (sabun cuci muka, shampo, pasta gigi, softex, dan lain-lain). Ya kalo tabungan gausah yaa :)


Ketiga, lo harus atur pembagian uangnya! Jangan lupa kalo ditotal nanti jumlahnya pas sama uang bulanan lo, jangan jadi berlebih. Misalkan, mingguan lo buat 500 ribu. Nah kalo ini, lo harus breakdown lagi buat harian. Ya jadi harian lo itu maksimal 71 ribu! Jangan lupa juha, sebulannya jadi 2 juta. Belanja bulanan/keperluan bulanan misalnya lo buat 300 ribu, dan begitu seterusnya untuk klasifikasi yang lain.


Nah kalau ketiga hal ini udah lo lakuin, kita akan menuju prakteknya (dan cukup sulit sebenarnya).


Keempat, catet setiap pengeluaran lo yang pake cash dan liat tiap pengeluaran lo masuk klasifikasi yang mana! Contoh, dalam satu hari ini pengeluaran lo itu ada makan, biaya angkot, nonton di bioskop, beli shampoo. Nah, untuk makan dan biaya angkot itu masuk ke mingguan, nonton di bioskop masuk ke jalan-jalan, dan beli shampoo masuk ke belanja bulanan. Dan gak lupa, catet setiap pengeluaran menggunakan ATM juga! Karena bukan anak akuntansi dan emang gak tau harus buat gimana, jadi ini tipe mencatat pengeluaran termudah dan simple banget sih!


Ini buat tabelnya! Halaman kiri buat ATM dan kanan buat Cash.

Ini dia contoh pencatatannya. Buat warna-warna yang ada di kolom tanggal itu total pengeluaran hari itu dan tiap warna mendefiniskan satu klasifikasi. Buat saldo sama balnce kan sebenernya sama aja, tapi gue pake kata balance buat mengawali hari dan salod buat sisa akhir pengeluaran hari itu, biar bedain aja sih. It's up to you!


Kelima, lo harus pantau sisa uang yang bisa lo pakai di tiap klasifikasi. Jadi, lo bisa tulis di sticky note gitu, contohnya kaya gini:


Jadi tiap hari koita bisa pantau berapa sisa uang dari tiap klasifikasinya. Tulisnya pake pensil aja ya jadi bisa diapus buat hari besoknya !

Keenam, terpenting, HARUS BISA KONTROL NAFSU BELANJA BERLEBIH DAN GAUSAH PAKSAIN KALO EMANG BUDGET TIPIS BUAT JALAN-JALAN. Ini terpenting, kalo misal budget jalan-jalan gak memadai, ya belajar buat "say no", buat kontrol makan tiap hari gak di cafe melulu, dan lain sebagainya!


ITU DIA TIPS DAN SHARING PERTAMA DARI GUE! APA LAGI NIH KIRA-KIRA YANG MAU KALIAN TAU? COMMENT DOWN BELLOW!


See you!

47 views1 comment

Recent Posts

See All
bottom of page