top of page
Search
  • Writer's pictureNatali Maura

Mencari Rejeki

Sebenernya, ini adalah foto yang dipotret tahun 2018 di Bandung untuk tugas UAS kuliah. Fokusnya disini adalah perempuan.


Aku sendiri fokus ke perempuan dengan pekerjaan-pekerjaan "tak kasat mata" alias yang tidak begitu dipandang orang. Misalnya, di foto pertama ini adalah seorang Ibu yang jualan sosis bakar di Alun-alun Bandung. Kesannya sangat sepele, tapi gak bisa aku bayangin udah berapa lama jualan kaya gini dan untuk menghidupi keluarganya. Apalagi, kala itu sempat hujan deras. Jadi, si Ibu lari-lari bawa kotak dagangannya itu ke bawah pohon, neduh.



Nah, kalo di foto kedua ini adalah seorang siswi. Di sore hari kala itu, ia masih dengan seragam sekolahnya menjadi "Anna" di film Frozen. Disini aku pribadi dingatkan untuk lebih bersyukur akan yang aku miliki. Meski pulang sekolah, mungkin masih dengan PR (pekerjaan rumah) ataupun ulangan, ia masih mampu tersenyum melewati hari dan menghibur orang-orang yang lewat.



Jalan Braga sejak pukul 17:00 akan terasa seram, begitu banyak "setan" di jalanan. Aku sempat berbicara dengan salah satu bapak "setan" disana, ia katakan bahwa "kumpulan setan" ini tergabung dalam suatu sanggar seni. Mereka adalah kumpulan perantau yang datang ke kota Bandung untuk mencari rejeki. Berikut fotoku dengan salah satu "setan" yang aku ajak bicara. Ini untuk seru-seru saja, melenceng dari tema UAS heheh.


Kembali ke tema foto, salah satu "setan" hamil ini juga mengatakan bahwa ia bisa berada di Braga sampai jam 1-2 malam. Berjam-jam menakuti pejalan kaki dan para pengendara yang melipir. Pendapatan pun tentatif, bisa saja diberi uang Rp 2.000 - Rp 10.000.



Sungguh, petualangan di Bandung kala itu mengajarkan aku untuk lebih bersyukur akan hidup yang aku miliki dan melewati berbagai hal dengan lapang dada serta senyuman.

73 views0 comments
bottom of page